BUKIT PALAGIMATA

Kantor Wali Kota Baubau Dari Atas

    Bukit Palagimata terdapat di Kelurahan Lipu Kecamatan Betoambari. Aksesbilitas ke tempat ini dapat di tempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Baubau, dengan jarak tempuh kurang lebih 4 km. Salah satu tempat wisata yang terletak di daratan tinggi ini dapat ditempuh menggunakan kenderaan seperti kenderaan roda dua atau roda empat. Kondisi jalan baik, lebar hingga lima meter, berbukit, dan disepanjang jalannya dilengkapi dengan fasilitas lampu penerang jalan.

    Di sekitar Bukit Palagimata ini telah berdiri bangunan megah milik pemerintah daerah yaitu kantor Wali Kota Baubau yang bangunannya megah, tamannya yang unik dengan kolam air mancur yang berundak-undak sebagai pemikat pengunjung, di depannya terdapat beberapa bangunan lainnya seperti disebelah kanan terdapat monumen patung ekor naga dengan panjang ± 5m arah fertikal yang dikelilingi oleh besi stainless, sedangkan disebelah kirinya terdapat bangunan bercorak modern walaupun tidak dibangun pada masa kesultanan namun memiliki histori tersendiri, masyarakat Kota Baubau sering menyebutnya sebagai Monumen Mia Patamiana atau Tugu Wafer (karena bentuknya menyerupai makanan ringan/ wafer). Mia Patamiana yang berarti empat tokoh peletak dasar. Tokoh tersebut berasal dari Johor pada awal abad ke-14. Pada abad ke-16 masuk Islam ke Buton, dan sistem pemerintahan kerajaan diubah menjadi kesultanan.

    Desain monumen Tugu Mia Patamiana ini berbentuk segi empat sebanyak 4 buah dengan panjang ± arah fertikal dengan dipagari besi stainless melingkar.

    Tempat wisata ini sangat cocok untuk tamasya keluarga diakhir pekan, objek wisatanya sangat ramai dikunjungi warga karena kesejukan udara dan pemandangan alam yang indah terutama pada sore hari saat matahari tenggelam atau sunset, dan juga pada malam hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel