KOTA MAARA


    Kota Maara adalah salah satu objek wisata pesisir yang terdapat di Kota Baubau. Karena letak geografisnya sangat mendukung yakni terletak disebelah paling utara Kota Baubau, maka kawasan ini setiap harinya gemar dikunjungi para pengunjung baik warga lokal maupun warga luar kota. Untuk memasuki kawasan ini dapat ditempuh dengan kenderaan roda dua, roda tiga, dan roda empat melalui dua jalur yaitu jalur sebelah barat dan sebelah timur dengan kondisi akses jalan beraspal yang cukup baik. Disebelah timur dapat ditempuh melalui simpangan jembatan gantung, sedangkan disebelah baratnya dapat ditempuh melalui Pasar Tradisional Wameo.

    Pada lokasi ini termasuk pembangunan objek wisata yang bernuansa alam dengan konsep modern, terdapat taman dengan aneka bunga seperti bunga kertas dan juga terdapat pohon palem, pohon pinus, pohon kelapa, tempat duduk, lampu jalan, terdapat bangunan tribun berwarna hijau dua lantai yang menghadap kelaut,  kemudian terdapat dua gedung rumah susun (rusun) berwarna hijau dan disebelah baratnya taman terdapat bangunan Islamic center yang pembangunannya masih dalam tahap penyempurnaan. Pada tepi pantai terdapat pondasi, terhampar batu gunung yang berfungsi sebagai pemecah ombak, terdapat sampah disekitar lokasi taman dan bibir laut, hal ini dikarenakan tidak adanya tempat sampah yang disediakan oleh Pemkot dan minimnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

    Pada pagi hari warga memanfaatkan lokasi ini sebagai sarana olahraga jogging, dan senam, sedangkan pada puncak keramain terjadi pada sore dan malam hari. Warga memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat dagang, seperti dagangan aneka gorengan, roti bakar, saraba, kopi, susu, teh, adapula yang berdagang jasa seperti odong-odong keliling dan kereta-keretaan. Aktifitas pengunjung yang sering terlihat adalah melepas kepenatan, ngobrol, curhat dengan pasangan, berpose, menikmati pemandangan laut, berenang, memancing, senam, bersepeda, dan balapan motor.  Bahkan pada lokasi ini, pernah diadakan perayaan acara-acara/ event, seperti senam massal rutin, Ulang Tahun Sulawesi Tenggara, Ulang Tahun Pemkot Baubau, Perayaan Festival Keraton Nusantara (FKN), Perayaan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) dan acara konser live musik dengan artis ternama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel