BENTENG SORAWOLIO



Benteng Sorawolio merupakan peninggalan sejarah Baubau yang terletak di Kelurahan Bukit Wolio Indah, Kecamatan Wolio, masih di dalam wilayah administrasi Kota Baubau. Benteng Sorawolio mempunyai keunikan yaitu terdiri dari benteng-benteng kecil tersebar, merupakan salah satu dari sub-sistem pertahanan Kesultanan Buton, hanya 1 km dari Benteng Keraton Wolio, yang dahulu menjadi pusatnya. Selain itu, catatan sejarah lainnya mengenai benteng ini tidak banyak.

Lazimnya benteng di mana-mana, lingkungan Benteng Sorawolio berada di bukit-bukit sesuai dengan fungsi pertahanan, dapat melihat kesekelilingnya yang lebih rendah. Posisi seperti ini, membuat sekarang dapat melihat pemandangan indah terutama kearah pusat Kota Baubau dan laut.

Konstruksinya tidak jauh berbeda dengan Benteng Wolio dari batu karang memanfaatkan bahan yang cukup melimpah disekitar dan kuat. Benteng Sorawolio juga mempunyai Lawa yaitu pintu gerbang dalam bahasa Buton dan, Baluara dari bahasa portugis Baluer yang artinya bastion, yaitu bagian-bagian benteng yang lebih luas biasanya disudut untuk meletakkan meriam. Kadang Benteng Sorawolio saat ini cukup memprihatinkan, tidak terpelihara dan disana sini terdapat semak belukar, bahkan beberapa bagian dinding banyak yang rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel