GUA MOKO



    Salah satu objek wisata gua yang tidak kalah menariknya adalah Gua Moko. Bila memulai perjalan dari pusat kota, maka jarak yang ditempuh untuk sampai ketempat ini ± 10 km sebelah selatan Kota Baubau, sedangkan waktu tempuh sekitar 40 menit menggunakan kenderaan motor atau mobil. Letaknya tidak jauh dari pantai Nirwana sekitar 100 m kearah selatannya. Untuk sampai ketempat ini wisatawan sebaiknya menggunakan sepeda motor, karena ketika kita memasuki area ini dimulai dari jalan poros dan masuk kedalam hutan dengan jalan yang sempit dan berbatu cadas dan sampai ditujuan sekitar 80 meter.

    Keadaan fisik dari objek wisata ini tidak jauh berbeda dengan gua pada umumnya, yakni terdapat stalastik dan stanaknig, mata air, dan terlihat natural belum tersentuh oleh pembangunan.


    Gua  Moko di dalamnya mempunyai sejumlah keramik-keramik yang berasal dari berbagai negara, seperti Thailand, Vietnam, dan Cina. Telah berusia lebih dari ratusan tahun karena ada sejak abad 13, 14, 15 hingga abad 16. Konon, warga asing dari negara tetangga melewati Selat Buton dan bisa juga diduga hasil rampokan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok pengacau kemudian disembunyikan di Gua Moko.

    Beberapa keramik yang ditemukan antaranya keramik piring dengan mulut terbuka, piring dengan mulut tertutup, tempat air minum dari Dinasti Yuan abad 13-14 dan Dinasti Ming yang terdapat empat macam seperti lak abad 14 dan 15, serta early abad 15 dan 16.

    Bahkan wisatawan asing tak mau kalah dengan wisatan lokal, mereka nekat menyelam dengan kedalaman 30 meter hanya untuk mengambil dan melihat langsung keramik peninggalan kerajaan.

    Dengan pemandangan yang disuguhkan sangat Indah, unik dan berkesan. Dapat mendatangkan para wisatawan untuk mengunjungi salah satu gua yang dikenal gua moko  dengan akses masuk sangat mudah.
Salah Satu Keramik Yang Ditemukan Di Gua Moko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel