TAMAN WISATA ALAM TIRTA RIMBA


    Objek wisata ini terletak di Kelurahan Waruruma Kecamatan Kokalukuna 8 km sebelah timur Kota Baubau. Dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat baik kenderaan roda dua maupun roda empat. Permandian air tawar ini merupakan kawasan hutan lindung dengan keanekaragaman flora dan fauna. Aliran air permandian bermuara di pantai Kokalukuna yang masih dengan kelurahan yang sama. Disekitarnya terdapat tempat beristrahat berupa pondok-pondok kecil juga tempat untuk jajanan dan penjual aksesoris bagi pengunjung yang telah disediakan oleh pengelola wisata.

    Dahulu permandian air terjun ini memiliki debit air yang sangat banyak, aliran air yang cukup deras dan pepohonan yang sangat rindang. Namun sampai saat ini volume airnya kering, hanya terdapat batu besar pada tebingnya, lumut yang mengeras, dan kolam yang tidak berair, sehingga kondisi ini berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan yang kian hari kian menurun dan juga berpengaruh pada tingkat pendapatan para pedagang seperti penjual jagung disekitar lokasi menurun drastis. Masyarakat setempat berharap bila musim penghujan tiba permandian Tirta Rimba kembali normal seperti dulu.

    Masyarakat setempat memanfaatkan kawasan permandian ini sebagai tempat mengais rejeki. Misalnya dengan berjualan jagung, baik jagung yang belum diolah maupun jagung rebus di pinggir jalan. Jika pengunjung ingin hendak membelinya mesti pintar-pintarlah menawar, karena penjual di lokasi ini sangat murah hati dalam bernegosiasi masalah harga. Hehehe…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel