PELATARAN WANTIRO


    Didepan laut dibelakang bukit, inilah sepintas gambaran kondisi alam dari Pelataran Wantiro atau masyarakat lazim menyebutnya Bukit Wantiro. Salah satu tempat rekreasi bernuansa alam perbukitan Kota Baubau. Terletak di Kelurahan Kadolomoko Kecamatan Wolio ±2 km sebelah timur dari pusat Kota Baubau. Diperlukan waktu tempuh yang tidak begitu lama untuk sampai ketempat ini yaitu sekitar ±10 menit dari pusat kota dengan jalan raya sangat baik dan lebar ±7m.

    Dahulu kondisi fisik dari objek wisata ini berbentuk tanah, batu yang berbukit, serta tumbuhan liar, namun kini pemerintah Kota Baubau menyulapnya menjadi sebuah taman yang indah dan pelataran yang memanjang. Pada pelataran yang berpagar tembok dan besi ini terdapat lampu taman hias berwarna warni, kursi dan meja milik pedagang kaki lima, dan juga berdiri pohon palem putri yang memiliki tinggi 1-3 meter dengan selisih jarak tanam 4-5 meter. Sarana pendukungnya mushollah, tempat wudhu, dan toilet.

    Umumnya puncak keramaian ditempat ini terjadi pada sore dan malam hari terutama pada malam minggu, dengan pelayanan yang ramah para pedagang kaki lima menjajakan barang dagangannya kepada para pengunjung. Jananan yang ditawarkan  seperti aneka gorengan, aneka minuman, dan mie siram. Pengelolaan retribusi dilakukan oleh pemerintah Dinas Pendapatan Daerah Kota Baubau dengan memungut retribusi dari tiap pedagang sebesar Rp1000 / hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel